Home » » Jika Tak Direncanakan Usia Kita Makin Tak Produktif

Jika Tak Direncanakan Usia Kita Makin Tak Produktif



Seringkali kita mendengar seseorang mengatakan " biarlah hidup saya seperti air yang mengalir".  Mungkin beberapa dari kita juga mempunyai filosofi seperti itu juga ya.  Padahal air itu biasanya mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.  Artinya kalau kita tidak pernah merencanakan penggunaan waktu kita pastilah dari hari ke hari hidup kita semakin tidak menentu.

Setiap waktu dalam hidup kita adalah sangat berharga, oleh karenanya harus kita rencanakan.  Karena walaupun sudah direncanakan, kadang masih ada saja waktu tidak produktif yang kita lakukan. Apalagi kalau kita tidak membuat perencanaan.

Oke, sekarang mari kita hitung penggunaan waktu kita selama kita hidup.  Misalkan usia kita 50 tahun, istirahat dan makan membutuhkan 30 menit dan kita melakukan 3 kali sehari, jadi sehari 90 menit kalau usia kita 50 tahun berarti 3 tahu sendiri kita habiskan untuk istirahat dan makan.  Jika tidur kita rata-rata 8 jam sehari maka total waktu untuk tidur kita 16 tahun lebih. 
Dari beberapa penelitian/survey menunjukkan bahwa setelah usia 50 tahun, orang rata-rata menghabiskan waktunya sebanyak 2 tahun di kamar mandi, 5 tahun di perjalanan, 1 tahun untuk berpakaian dan berdandan (untuk laki-laki, perempuan 3 tahun).  Belum lagi untuk nonton TV, jalan-jalan, bersantai, dll.  Ternyata terbukti bahwa setengah atau lebih umur kita, kita habiskan untuk hal-hal yang tidak produktif.  Apa jadinya kalau sisa waktu yang selebihnya tidak kita rencanakan dengan baik???

Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk segera memulai merencanakan hidup dan mengelola waktu dengan baik dan benar.  Apabila Anda mulai menyadarinya saat ini, jadikan momentum munculnya kesadaran itu untuk segera berbenah diri.  Jika momentum ini hilang, kita tidak tahu harus berapa kali atau berapa lama lagi kita kehilangan kesempatan dalam hidup.




0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter

Daftar Isi